Loro Blonyo

Patung roro blonyo merupakan patung yang unik yang paling banyak diminati oleh para kolektor seni maupun orang kebanyakan. Dijelaskan bahwa Roro Blonyo Merupakan sepasang patung pria dan wanita yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, melambangkan kemakmuran atau keharmonisan  perkawinan. 
Perbedaan antara Patung Roro Blonyo di Jawa Timur dan Jawa Tengah terletak pada bentuk dan ukirannya. Di Jawa Timur, bentuk patung tersebut lebih sederhana karena dibuat oleh rakyat jelata, sedangkan di Jawa Tengah bentuknya lebih indah karena digunakan oleh kalangan atas (keraton). Untuk mendatangkan kemakmuran, patung ini harus disembahyangi. Bila digunakan untuk melambangkan keharmonisan perkawinan, patung pria diletakkan di sebelah kanan, sedang patung wanita di sebelah kiri ranjang pengantin. 
Sesuai perkembangan jaman, orang tidak lagi menggunakan patung ini untuk tujuan asalnya, tetapi dianggap sebagai suatu benda seni penghias rumah yang disukai orang Barat. Karena alasan yang terakhir itulah, patung Roro Blonyo makin berkembang sebagai bagian dari seni.
sumber : alamhijaoe.wordpress.com

karegori : pengrajin patung pengantin loro blonyo
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

Copyright 2012 souvenir pernikahan