Seni Kerajinan Galakkan Budaya Lokal

Masyarakat Lamongan diharapkan terus menggalakkan budaya lokal dengan memajukan seni kerajinan. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan Mahdumah Kamis (23/12/2010) menyatakan salah satu cabang seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis adalah seni kriya atau seni kerajinan. Peranan seni kerajinan sangat penting sehingga perlu digali, dilestarikan, dibina, dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya.

"Melalui wadah Dekranasda yang merupakan organisasi non profit dan independen yang bermitra dengan Pemerintah akan dilakukan upaya pembinaan pengembangan seni kerajinan yang berbasis pada warisan budaya bangsa", katanya.

Lamongan memiliki potensi besar melalui industri seni kerajinan. Ada puluhan ribu lapangan kerja yang bisa terus didorong lewat usaha seni kerajinan. Lamongan mempunyai 370 perusahaan dengan tenaga kerja 7.218 orang.

"Jumlah industri seni kriya atau kerajinan sebanyak 11.421 unit dengan jumlah tenaga kerja 20.763 orang, dengan nilai omzet penjualan Rp 220 miliar per tahun," papar Mahdumah.

Menurut dia, seni kerajinan merupakan lapangan pekerjaan yang perlu digiatkan, diaktifkan, dan didorong. Jenis usaha itu sumber pendapatan yang tidak saja memerlukan sistim perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan, tetapi juga membutuhkan peningkatan pengendalian mutu, desain, bantuan permodalan, serta promosi pemasaran.

Mahdumah meminta kepada para pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Lamongan beserta dinas/instansi untuk lebih memperhatikan terhadap pengembangan dan pemberdayaan potensi industri kerajinan secara lebih profesional. Dia juga berharap agar PNS di Pemkab Lamongan dapat mengenakan batik khas Lamongan, batik sendang, setiap Hari Kamis dan Jumat sehingga membantu tumbuhnya industri lokal.

sumber : kompas
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

Copyright 2012 souvenir pernikahan