Kerajinan souvenir batik kayu

Pesona Batik Kayu dari Desa Krebet

Ketika pertama kali mendengar kata batik, mungkin yang terlintas dalam pikiran kita adalah kain batik Solo atau batik Pekalongan. Namun, Desa Krebet, Kabupaten Bantul, DIY punya batik dengan media kayu yang artistik.

Desa Krebet terletak di Kabupaten Bantul, 12 km barat daya Kota Yogyakarta. Ini adalah desa wisata yang memiliki kerajinan membatik dengan menggunakan media kayu.

Jangan kaget jika anda melihat banyak ukiran dari kayu seperti topeng, sendal, hiasan dinding, aksesoris rumah tangga, gelang dan berbagai macam kerajinan dari kayu yang dibalut dengan motif batik. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu sengon, pule, dan mahoni.

Awalnya, masyarakat Desa Krebet bermata pencaharian dengan berkebun dan pertanian. Namun, karena musim kemarau yang berkepanjangan dan struktur tanah makin kehilangan kesuburan, akhirnya pada tahun 1980-an banyak pemuda yang beralih profesi menjadi pengrajin. Hasil kerajinan dari Desa Krebet ternyata tidak hanya laris di wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Bali, tetapi juga telah mencapai Jepang hingga Eropa.

Teknik membatik dengan media kayu membutuhkan ketelitian dan ketrampilan sendiri yang berbeda dengan membatik di kain. Pola dengan batik kayu adalah pola manual, berbeda dengan pola pada kain yang dicetak. Harga hasil kerajinan batik kayu ini berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Kerajinan batik kayu telah menjadi tulang punggung bagi warga Desa Krebet. Banyak wisatawan dalam negeri hingga wisatawan asing yang berwisata homestay untuk mempelajari teknik batik kayu. Tarif menginap di homestay desa Krebet tidaklah mahal, harga berkisar dari Rp 40.000- 100.000.

Selain belajar teknik batik kayu, suasana alam yang tenang dan udara yang bebas dari polusi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jika Anda belum punya ide untuk liburan di akhir tahun, Desa Krebet bisa menjadi pilihan yang tepat.

sumber : travel.detik.com
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

Copyright 2012 souvenir pernikahan